Tempat Pariwisata Kota Probolinggo
01.32 | Author: Ryan Chrisandro
erlebih dahulu perlu diinformasikan bahwa Kota Probolinggo bukan daerah wisata, namun demikian Kota Probolinggo sebagai Daerah Transit. Pengembangan Kepariwisataan di Kota Probolinggo pada hakekatnya adalah upaya untuk mengembangkan, memanfaatkan obyek dan daya tarik Wisata yang terwujud dalam bentuk usaha jasa Pariwisata.
Dengan demikian potensi wisata yang dimiliki Kota Probolinggo adalah sebagai berikut :
Usaha Obyek Dan daya Tarik Wisata

*
Wisata Alam

Di Pantai Kota Probolinggo bisa menikmati pemandangan laut, naik perahu keliling Pelabuhan, lihat batu karang ataupun untuk memancing Dan saat ini Pemerintah Kota Probolinggo sedang merencanakan Wisata Bahari yang terletak di sebelah Timur Pelabuhan Tanjung Tembaga, juga disedakan pula sarana Pelelangan Ikan.

*
Wisata Religi
o
Masjid Tiban

Banyak anggapan bahwa Masjid Tiban yang terletak di Kelurahan Pilang ini dahulunya menjadi satu dengan Pulau Gili yang terletak di ujung Utara Pantai Kabupaten Probolinggo. Namun anggapan ini disanggah oleh sesepuh yang ada di Masjid Tiban Konon ceritanya adalah seperti Cerita Candi Prambanan. “KUN” jadilah maka jadilah Masjid Tiban tersebut dalam waktu sekejab
Selain hal tersebut ada keunikan di dalam Masjid Tiban yaitu dihalaman belakang ada sebuah batu untuk bertapanya Syaeh Maulana, Dan di dekat Masjid ada sebuah sumur yang air sumurnya banyak mengandung khasiat untuk penyembuhan segala macam penyakit bagi yang percaya bahkan ada juga yadipergunakan untuk minta jodoh dengan cara diminum dan dibuat mandi .

Adapun yang datang dari berbagai daerah/ maupun luar pulau antara lain, Kalimantan, Sumatra, Maluku, Banten,Solo Yogyakarta, Lumajang Jember dan Banyuwangi, yang datang berkunjung biasanya pada malam Jum’at manis datangnya berombongan maupun Pribadi. Biasanya setelah Sholat, berzikir kemudian mandi dari air masjid Tiban tersebut
* Wisata Minat Khusus
o Alon-alon Kota Probolinggo

Banyak dikunjungi masyarakat terutama pada malam minggu dan hari minggu pagi, fasilitas nya adalah disediakan tempat bermain anak-anak , rekreasi keluarga dan dipinggir area alon-alon banyak penjual makanan,selain hal tersebut pada hari minggu paginya Kantor Pemuda Budaya dan Pariwisata bekerja sama dengan pihak swasta mengadakan senam pagi (Airoebic ) bersama masyarakat .juga fasilitas lain disediakan pula sarana olah raga (tempat Volly dllnya)
o Pusat Jajanan

Tidak kalah menariknya pusat jajana dinamakan len-jelenan yang terletak di Jalan Niaga sebelah barat pasar besarkota Probolinggo dibuka pukul 17,00 sampai pukul 02.00 dini hari. Pasar len-jelenan ini dijual bebagai makanan khas Probolinggo dan sekitarnya.
o Pusat Pedagang kaki Lima

Terletak disepanjang jalan Dr. Sutomo dan menjual berbagai jenis kebutuhan dari makanan, caset, sepatu dan lain-lainnya.
o Kolam Renang

Pemerintah Kota Probolinggo menyediakan Kolam Renang dan merupakan taman Rekreasi Keluarga.
* Wisata Industri
o Keramik Jawa

Keramik jawa ini dikerjakan secara tradisinal dengan lukisan-lukisan tangan yang indah sesuai dengan selera pemesan. Wisatawan bisa datang berkunjung ketempat keramik jawa ini dan mencoba bagaimana cara membuat keramik secara tradisional dan juga cara melukisnya

Nama pengusaha : Ny. Endang
Alamat : Jl. Baru Wiriborang Kota Probolinggo
Kontak Person : 085230029926
Kapasitas : 30 m2 per bulan
Produksi : 300 macam keramik
o Manik-Manik

Kerajian manik-manik dari bermacam-macam jenis produk antara lain ; beraneka ragam tudung saji, tas, tempat tisu ( handycraf).

Nama Perusahaan : In Coming Collection
Nama Pemilik : Mytha
Alamat : Jl. Lumajang Kota Probolinggo
Kontak Person : 7608023
Kapasitas : 10.000 tas per bulan
o Mebel Antik

Nama Perusahaan :
Nama Pemilik : Soefandi
Alamat : Jl Suyoso 92
Kapasitas : 2 Set perbulan
Kontak person : (0335) 422460
o Kopiah & Tasbih

Nama Perusahaan : Melati
Nama pemilik : Hopsah
Alamat : Gg. Buntu Triwung Kidul
Kapasitas : 35 Kodi per bulan
Kontak person : (0335) 426493
o Kue Basah

Andalan Kota Probolinggo kue basah yaitu : Kue Jongkong
Bisa dihubungi UD Candra Alamat Jl. Noyogenggong No. 1
Nama : Marginingtyas
Contact Person : 0335 420773
Tokonya di Jalan Pahlawan
This entry was posted on 01.32 and is filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

0 komentar:

"